Senin, 26 Agustus 2013

ISLAM AGAMA RAHMATAN LIL ALAMIN


ISLAM AGAMA RAHMATAN LIL ALAMIN
Para ulama yang sesungguhnya adalah pewaris para nabi mengajarkan syariat Islam kepada ummatnya adalah dalam rangka menyampaikan sejumlah norma yang apabila ditaati akan membawa kebaikan dan keselamatan, namun apabila tidak ditaati akan membawa bencana dan malapetaka. Itulah makanya setiap kali khatib naik ke atas mimbar selalu mengumandangkan ajakan untuk meningkat kualitas ketaqwaan yang dimaknai sebagai perintah untuk senantiasa menjunjung tinggi segala norma norma yang telah didakwahkan kepada kita dan berupaya semaksimal mungkin menjauhi larangan larangannya.
Ketika norma agama itu ditaati maka konsekwensinya tidak saja akan menjadi kebaikan kepada diri pribadi secara individu, akan tetapi memberikan pengaruh yang sangat luas kepada seluruh elemen kehidupan yang ada disekitarnya baik secara langsung ataupun tidak. Apabila ia seorang kepala rumah tangga akan mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap anggota keluarganya. Apabila ia seorang guru,  maka akan mempunyai dampak pada anak didiknya. Apabila ia seorang pimpinan sebuah komunitas pekerjaan, maka akan mempunyai efek pula terhadap teman sejawat yang dipimpinya. Ini berarti bahwa seorang kepala rumah tangga yang bertanggungjawab atas keluarganya, seorang guru yang mendidik siswa siswanya dan seorang pemimpin yang mengatur teman sejawatnya selalu menjadi sosok panutan dan ikutan bagi siapa saja yang ada disekitarnya, dalam ungkapan yang sering kita dengar disebut dengan keteladanan.
Hubungan sebab akibat antara seorang kepala rumah tangga, seorang pendidik atau guru, pimpinan sebuah komunitas dengan lingkungan disekitarnya akan sangat berdampak positif bila diantara keduanya mempunyai tingkat kesadaran dan ikatan emosional yang memadai. Maksudnya adalah bahwa seorang anak akan meneladani ayahnya ketika si anak ini mempunyai pengetahuan yang cukup tentang bagaimana seharusnya dia bertata krama dengan ayah atau bapaknya, atau siswa akan bisa meneladani guru nya mana kala ia mempunyai pengetahuan bagaimana tata tertib seorang murid dengan gurunya, atau seorang teman sejawat akan mampu meneladani pimpinan komunitasnya ketika ia mempunyai pengetahuan dan tingkat kesadaran akan tugas dan kewajibannya.
Bila hubungan sebab akibat ini bisa “bertemu” maka keteladanan adalah sebuah  keniscayaan untuk menata sebuah rumah tangga yang harmonis, sebuah sekolah tertib dan sebuah komunitas yang tertata dengan baik.

1 komentar:

  1. TITIAN RAZOR SOLUTIONS & TIPS - Titanium Arts
    TITIAN RAZOR SOLUTIONS & TIPS. TITIAN RAZOR SOLUTIONS & TIPS. TITIAN head titanium tennis racket RAZOR SOLUTIONS & TIPS. TITIAN RAZOR SOLUTIONS titanium undertaker & TIPS. TITIAN RAZOR SOLUTIONS & TIPS. titanium exhaust tubing TITIAN RAZOR titanium automatic watch SOLUTIONS & TIPS. TITIAN RAZOR SOLUTIONS & TIPS. titanium granite

    BalasHapus