Senin, 13 Desember 2010

bosan mengajar

ketika memasuki masa kerja sudah puluhan tahun, seorang pendidik entah apa sebabnya, sudah mulai bosan mengajar anak didknya. padahaldengan masa kerja yang sekian tahun itu dengan golongan IV/a gaji mereka sudah mencapai kepala 3 (3 jutaan) ini berarti mereka dibayar lebih dari 100 rb perhari dengan catatan turun atau tidak turun kerja.
kebosanan dalam mengajar biasanya diawali dengan tidak adanya metode mengajar yang inovatif, sehingga kegiatan belajar mengajar serasa monoton... padahal sebenarnya banyak metode mengajar yang dapat menjadikan kita (guru) bersemangat dalam mendidi.
ada istilah PAKEM (yakni mengajar dengan cara aktif, kreatif dan menyenangkan) mungkin kurang lebih demikian pengertiannnya..
sesungguhnya apapun istilahnya, yang diharapkan adalah bahwa seorang guru dalam mengajar lebih banyak membuat siswa merasa`senang dan gembira, tidak merasa takut apa lagi ditakuti, sehingga ilmu yang mereka peroleh tidak terkesan dipaksakan, tetapi mereka seolah olah merasa tidak ditekan untuk belajar, tapi sesungguhnya mereka telah belajar.
sebagai contoh, apabila kita menginginkan anak dapat menghapal sebuah tulisan, baik itu berupa pengertian, atau berupa urutan, atau apapun bentuknya,kita dapat menggunakan media papan tulis untuk membantu siswa menghapalnya. caranya mungkin bisa seperti ini :
  1. Tulislah semua apa yang akan dihapal dipapan tulis
  2. ajaklah siswa membaca urutan atau apa saja secara bersama sama (mungkin ulanglah beberapa kali) sesuai keperluan dan  analisa kita
  3. hapuslah kata demi kata, atau kalimat demi kalimat
  4. walaupun kata atau kalimat tersebut dihapus siswa masih diwajibkan membacanya, dan bila selesai satu kata atau satu kalimat, maka hapus lagi kata atau kalimat berikutnya
  5. sehingga pada akhirnya ketika semua pengertian atau bacaan atau bentuk urutan suatu materi terhapus, siswa dapat membaca/menghafalnya dari awal hingga akhir.
selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar